Saat kita ngantuk, bosan, atau lelah, biasanya kita sering menguap...
Apalagi saat belajar di dalam kelas... :ngakak:
Kenapa ya kok bisa seperti itu? :unsor:

Di dalam paru-paru ada organ yang bernama alveoli, atau kantung udara. Alveoli ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan menyedot karbondioksida untuk kemudian dikeluarkan.

Jika alveoli tidak mendapatkan udara segar, dia akan kempis dan paru-paru agak mengeras dan secara otomatis, kadar oksigen dalam darah pun jumlahnya akan berkurang, sehingga kadar oksigen di otak pun pastinya juga akan berkurang jumlahnya. Dalam keadaan seperti ini, otak akan segera bereaksi untuk memerintahkan mulut menguap dan menarik udara (oksigen). Dalam hal ini otak bekerja di alam bawah sadar. Itu sebabnya saat kita mnenguap, kita tidak bisa untuk menahannya. :yap:

nguap-20110509.jpg

Gordon Gallup, seorang ahli psikologi dari Amerika pernah melakukan penelitian mengenai hal ini. Hasil penelitiannya menunjukkan kalau menguap itu merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga suhu otak. Dan menurutnya juga kalau kita menguap itu tidak selamanya pertanda bahwa kita ngantuk atau bosan… Menguap bisa jadi justru karena otak kita sedang berusaha memaksimalkan konsentrasi. Seperti mesin yang dipakai terus menerus dengan kapasitas besar yang memerlukan pendinginan supaya tidak cepat soak, begitu juga dengan otak.


Nah jika sering menguap apakah masi bisa di bilang NORMAL......

0 Response to " "

Posting Komentar

Untuk AYOSEKOLAH.COM